Senin, 18 Februari 2013

MAKANAN UNTUK AWET MUDA







  • Bawang putih 
    Alicin, zat yang bertanggung jawab terhadap bau dan rasa dari bawang putih.Alicin menjadi anti oksidan yang sangat ampuh. Bagaimana bawang putih dapat menjadi antioksidan yang sangat ampuh? Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hydrogen sulfide (senyawa antioksidan alami tubuh), mengendurkan pembuluh darah, dan melancarkan peredaran darah.
  • Telur
    Telur mengandung 9 asam amino penting dan 6 gr protein sehat yang terkandung dalam setiap telurnya. Telur juga mengandung lutein (membantu mencegah degeneralisasi macular, yaitu suatu kondisi medis yang dialami oleh orang dewasa dimana terjadi penurunan pengelihatan karena kerusakan retina), zeaxanthin (baik untuk mata dan membantu mencegah katarak) dan choline (penting untuk otak dan  sistem saraf ). Telur juga tergolong sebagai makanan secara alami yang mengandung vitamin D (jarang sekali makanan yang didalamnya terkandung vitamin D).
  • Bayam
    Sayuran ini sarat antioksidan dan juga mengandung zat yang dapat memerangi kanker seperti sulfororaphane, beta carotene , vitamin C dan fiber. Bayam juga dapat meningkatkan ingatan.
  • Brokoli
    Jenis sayuran lain yang kaya akan zat antioksidan adalah brokoli. Brokoli tergolong dalam rumpunan tanaman yang sangat membantu tubuh dalammemerangi racun dan kanker. Untuk mempertahankan enzim-enzim penting dalam brokoli, beberapa ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli dalam keadaan masih segar (mentah) atau setidaknya dimasak dengan cara dikukus. Brokoli juga merupakan jenis tanaman yang kaya akan kalsium, dimana kalsium sangat dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis dan membantu penyerapan vitamin D.
  • Ikan Salmon
    Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa ikan amis seperti salmon dan tuna sangat berguna untuk membantu mencegah serangan jantung  dengan cara membuat pembuluh darah ‘dilumasi’, sehingga aliran darah menjadi lancar. Salmon juga kaya akan kandungan omega 3, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak. Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan karena fungsinya untuk mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki mood dan menyehatkan kulit. Sehingga salmon dan tuna sering menjadi konsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.


1 komentar: